Rabu, 11 April 2012

Manfaat Mencuci Tangan

Di Indonesia makan dengan menggunakan tangan adalah hal biasa, terutama untuk menyantap hidangan dengan lauk ikan dan sambel. Makan dengan menggunakan tangan serasa lebih nikmat dan lezat. Tetapi tahukah anda bahwa tangan yang kotor menjadi media potensial bagi kuman untuk menularkan berbagai penyakit.

Oleh karena itu mencuci tangan merupakan kunci hidup sehat, tidak hanya ketika akan makan saja kita harus mencuci tangan. Setiap saat kita dapat mencuci tangan untuk mengurangi berpindahkan kuman penyebab penyakit baik ke tubuh kita sendiri maupun ke orang lain. Di Indonesia kebiasaan cuci tangan banyak dilakukan ketika akan makan saja, padahal meencuci tangan dapat dilakukan kapan saja sehabis melakukan aktivitas,entah itu di dalam rumah maupun di luar rumah.

Kebiasaan mencuci tangan harus kita tanamkan sejak dini, agar anak-anak terbiasa menjaga kebersihan. Hal ini sangat membantu sekali untuk mengurangi penularan penyakit atau mencegah kuman masuk ke dalam tubuh yang disebabkan karena tangan yang kotor. Mencuci tangan dengan air mengalir dan menggunakan sabun sangat efektif untuk menghilangkan kuman yang menempel ditangan.

Sayangnya, mencuci tangan dengan sabun belum menjadi tradisi masyarakat Indonesia. Terbukti, di beberapa rumah makan, malah lebih mudah menemukan air kobokan daripada wastafel. Kebiasaan masyarakat ini harus diubah. Mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir merupakan cara paling efektif untuk membunuh kuman. Namun di era modern, alternatif lain sebagai pengganti cuci tangan, seperti cairan pencuci tangan atau hand sanitizer, belum terbukti seefektif mencuci tangan dengan sabun dan air."Kuncinya adalah mencuci tangan dengan air mengalir. Jika Anda tak menggunakan sabun itu tak terlalu masalah, karena hanya dengan air mengalir saja sudah cukup membantu menurunkan tingkat infeksi kuman dan virus

Untuk itu mari budayakan mencuci tangan dengan air mengalir dan menggunakan sabun, agar kita dapat terhidar dari berbagai kuman penyebab penyakit yang terbawa dari tangan kita.. Hidup sehat adalah dambaan setiap insan, karena kesehatan adalah nikmat yang Luar biasa anugrah Allah SWT. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar