Kamis, 31 Mei 2012

Ora mamah yen Ora Obah

Sering kali kita bingung untuk memulai sebuah usaha, dan hal yang paling gampang dan sering diungkapkan oleh orang yang akan membuka usaha menyatakan bahwa ia tak punya cukup modal untuk memulai usahanya. Modal dikonotasikan dengan uang. Padahal kalau kita renungkan dan kaji lebih dalam modal tak hanya berupa uang saja. Mari kita koreksi potensi yang ada pada diri kita masing-masing. Sejak manusia diciptakan oleh Allah SWT ia dibekali dengan akal dan kesempurnaan anggota tubuh, yang wajib kita syukuri setiap saat. dari kesempurnaan anggota tubuh manusia itu mempunyai fungsi yang sangat berarti dalam setiap kegiatan kehidupannya. Akal, mata, mulut, tangan, kaki dan semua anggota tubuh mempunyai fungsinya masing-masing sehingga orang dapat melakukan aktivitasnya. 
Kalau orang  Jawa bilang "ora mamah yen ora obah". Sebenarnya itu merupakan kata bijak yang bisa kita jadikan pelajaran dalam hidup ini. Bahwa untuk mendapatkan makan saja kita harus menggerakkan badan kita untuk dapat memperoleh makanan itu yaitu dengan bekerja.Itu sebabnya semua dapat dicapai dalam kehidupan dan impian akan terwujud dengan banyak melakukan aktivitas untuk menghasilkan sesuatu yang kita inginkan.

Begitu juga dengan memulai dunia usaha, modal utamanya adalah fisik dan akal yang sehat baru beberapa faktor lain (uang) sebagai modal pendukung. Maka sebuah pemikiran orang sederhana bisa menjadi inspirasi untuk kita dalam membuka usaha. Asalkan ada tekad dan kemauan untuk berusaha dengan menggerakkan akal dan fisik kita maka akan diperoleh hasilnya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar